by

Supaya Ban Mobil Anda Awet, Lakukan Hal Ini untuk Perawatan

Dalam sebuah kendaraan, ban ini merupakan sebuah komponen yang memiliki fungsi sangat penting. Selain bisa untuk membantu mengurangi getaran yang di sebabkan oleh jalan yang tidak bagus, roda juga bisa melindungi dari keausan. Ban mobil juga bisa membantu untuk menyeimbangkan mobil Anda ketika sedang melaju dijalan yang bergelombang. Karena hal tersebut Anda ini harus rutin merawat ban, nah ini dia beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

Rutin Memeriksa Kondisi Pada Ban

Setelah Anda bepergian dengan mengMgunakan mobil sebaiknya periksa kondisi ban mobil Anda. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena ketika mobil Anda tidak sengaja masuk ke jalan yang berlumpur maka ban Anda akan meninggalkan kotoran di dalam. Jika kotoran tersebut tidak Anda bersihkan lama-lama kotorannya bisa mongering. Jika sudah kering dan  menempel kotoran tadi bisa membuat fungsi ban jadi tenganggu.

Tukar Posisi Ban secara berkala

Cara merawat ban yang selanjutnya adalah jangan lupa untuk menukar posisi ban secara berkala, jangan lupa untuk sesuaikan dengan keausan dari masing-masing ban. Ban mobil bagian depan ini biasanya akan lebih mudah aus,  hal ini di sebabkan ban depan ini lebih sering di gunakan belok dan juga menghentikan laju mobil. Waktu paling tepat jika Anda ingin menukar posisi ban mobil Anda adalah saat mobil sudah menempuh jarak 5.000 kilometer.

Periksa Tekanan Angin Ban

Tips yang selanjutnya jangan lupa juga untuk memerikasa tekanan angina ban mobil Anda dengan rutin, pastikan jika ukuran tekanannya ini sudah sesuai dengan standar yang di tentukan.  Hal ini sangat penting untuk di lakukan supaya ban mobil Anda jadi tidak mudah rusak dan juga pecah. Jika tekanan ban mobil Anda berlebihan atau kurang bisa membuat  mobil jadi goyang dan juga tidak stabil saat digunakan.

Perhatikan Barang Bawaan

Membawa banyak barang saat pergi memang tidak di larang, tapi Anda juga harus tetap memperhatikan berat keseluruhan barang yang dibawa. Semakin berat barang yang Anda bawa maka kendaraan Anda juga akan menanggung beban yang cukup berat. Maka dari itu sebaiknya Anda ini tidak perlu membawa barang yang tidak penting.

Rekomendasi Ban Mobil

Michelin

Ban yang satu ini merupakan ban yang punya kualitas yang sangat bagus, tapi memang di pasaran Indonesia tidak terlalu dikenal. Merk yang satu ini lebih terkenal di kalangan orang yang hobi balapan. Merk ban yang satu ini asalnya dari perancis. Merk ban yang satu ini sering sekali di gunakan untuk mobil yang ada di kelas premium diantaranya ada mobil Porsche GT3, seperti Porsche 918 Spyder, dan Porsche Macan. Di negara Indonesia sendiri pilihan ban ini memang tidak terlalu banyak. Dari segi harga memang bisa dibilang lebih mahal dengan ban merk lainnya, harganya ini ada dikisaran Rp817 ribu sampai Rp4,8 juta.

Achilles 

Ban ini adalah ban yang paling banyak di beli oleh para konsumen karena di anggap cukup ekonomis dan memiliki performa yang cukup baik. Ban ini di produksi oleh PT. Multistrada Arah Sarana. Di pasaran merk ban yang satu ini memiliki varian yang cukup lengkap, jadi para konsumennya ini bisa memilihnya sesuai kebutuhan. Harga dari ban ini sekitar Rp380 ribu sampai sekitar Rp5,5 jutaan. Merk ban yang satu ini adalah asli buatan Indonesia, walaupun produk lokal tapi tetap bisa juga bersaing dengan produk lainnya.

News Feed