by

Sempat Ganti Nama, Inilah Cerita di Balik Suksesnya Mitsubishi

Salah satu perusahaan besar di Jepang yang menjadi produsen mobil adalah Mitsubishi. Mitsubishi didirikan oleh Yataro Iwasakki pada tahun 1870.  Kemudian pada tahun1873 namanya diubah menjadi Mitsubishi Shokai yang terdiri dua bagian. Mitsu yang memiliki arti tiga dan Hishi yang berarti di bawah. Oleh karena itu logo perusahaan ini adalah tiga buah belah ketupat, yang biasa disebut tiga berlian.

Mitsubishi telah didirikan pada tahun 1870, dua tahun setelah Restorasi Meiji, dengan pengiriman sebagai bisnis inti. . Hal ini ditandai dengan mulainya pertambangan untuk mendapatkan batubara yang dibutuhkan untuk kapal, pembuatan kapal dari pemerintah untuk memperbaiki kapal yang digunakan, mendirikan sebuah pabrik besi untuk memasok besi ke pembuatan kapal, memulai bisnis asuransi laut untuk melayani pengiriman, dan sebagainya. Kemudian, sumber daya manajerial dan kemampuan teknologi yang diperoleh melalui pengoperasian kapal yang digunakan untuk memperluas usaha lebih lanjut ke pembuatan pesawat dan peralatan. Demikian pula, pengalaman pelayaran luar negeri menyebabkan perusahaan untuk masuk ke bisnis perdagangan.

Armada pedagang mengadakan periode diversifikasi yang pada akhirnya akan menghasilkan penciptaan tiga entitas: Mitsubishi Bank (sekarang bagian dari Mitsubishi UFJ Financial Group) didirikan pada tahun 1919. Setelah pecah dengan Bank of Tokyo pada tahun 1996, dan UFJ Holdings pada tahun 2004, Mitsubishi menjadi bank terbesar di Jepang.  Mitsubishi Corporation, yang didirikan pada tahun 1950, perusahaan perdagangan terbesar umum Jepang Mitsubishi Heavy Industries, yang meliputi perusahaan-perusahaan industri. Mitsubishi Motors, produsen otomotif terbesar ke 6 diJepang . Mitsubishi Atomic Industry, perusahaan listrik nuklir. Mitsubishi Chemical, Jepang terbesar perusahaan kimia Mitsubishi Powersystems, sebuah divisi pembangkit listrik.

Mulai masuki Indonesia, Mitsubishi merupakan salah satu produsen mobil, motor, dan truk Indonesia terbaik karena menciptakan produk-produk dengan bahan baku terbaik yang dimiliki berikut dengan teknologi dan fitur terbarukan. Sampai saat ini, banyak kita lihat truk-truk di jalan besar dengan logo tiga berlian ini. Mitsubishi hingga kini terus berupaya mengembangkan produk demi mendukung segmen perindustrian dengan terus berpedoman pada standard kendaraan niaga terbaik.

News Feed