by

Nasi Kebuli, Kuliner Muslim Yang disukai Semua Orang

Catering Nasi Kebuli di Jakarta adalah yang sedang hits dan cukup digandrungi belakangan ini. Nasi kebuli ialah hidangan nasi berbumbu yang bercitarasa gurih yang ditemukan di Indonesia. Nasi ini dimasak bersama kaldu daging kambing, susu kambing, serta minyak samin, disajikan dengan daging kambing goreng juga kadang ditaburi dengan irisan kurma atau kismis.

Hidangan ini populer di kalangan warga Betawi di Jakarta beserta warga keturunan Arab di Indonesia. Nasi kebuli menunjukan pengaruh budaya Arab Timur Tengah serta India Muslim, tepatnya tradisi Arab Yaman. Nasi ini mirip dengan nasi Biryani.

Pada kebudayaan Betawi, nasi kebuli lumrahnya disajikan pada perayaan keagamaan Islam, seperti lebaran, kurban, atau maulid. Nasi kebuli juga populer di kawasan kota yang banyak terdapat warga keturunan Arab, seperti Jakarta dan Surabaya.

Asal Usul Nasi Kebuli

Mengenal asal usul nasi kebuli sendiri, nasi ini berasal dari betawi. Tepatnya ialah dibuat oleh bangsa arab yang telah lama menetap di betawi. Memang benar, kebudayaan betawi sendiri sedikit banyak dipengaruhi oleh budaya arab. Entah dalam hal bangunan, sampai dengan sajian-sajian yang biasanya dihidangkan.

Nasi kebuli ini juga termasuk hidangan yang berasal dari bangsa arab. Tentunya yang telah lama tinggal di Indonesia semanjak dahulu. Sampai sekarang, hidangan ini menjadi hidangan yang pas bila dikonsumsi di hari-hari besar. Contohnya ialah ketika memperingati hari-hari besar islam. Namun begitu, tetap saja hidangan ini bisa dijumpai walaupun tidak dalam perayaan besar. Anda bisa mendapatkannya di restoran-restoran. Anda bisa menikmatinya bersama keluarga sambil bercengkerama di malam harinya.

Bagaimana Cara memasak Nasi Kebuli ?

Nasi kebuli dibuat dengan cara menanak nasi bersama kaldu kambing, juga susu kambing (atau bisa diganti santan). Daging kambing ditumis dan dicampurkan ke dalam nasi dengan juga membubuhkan minyak samin untuk memberikan aroma yang khas. Beragam rempah dan bumbu yang dihaluskan, serta ditumis bersama nasi ini ialah bawang putih, bawang merah, lada hitam, cengkeh, ketumbar, jintan, kapulaga, kayu manis, pala, dan minyak samin.

Lantas, daging kambing dimasak beserta nasi setengah matang ini sampai akhirnya benar-benar matang. Daging kambing ini bisa diiris kecil-kecil serta dicampurkan ke dalam nasi, atau digoreng kemudian disajikan terpisah. Nasi kebuli umumnya disajikan dengan sambal goreng ati, dan selalunya juga ditambahi asinan nanas.

Sekilas Tentang Catering Nasi Kebuli di Jakarta

Mungkin sebagian besar dari Anda familiar dengan hidangan ini, tapi bisa saja Anda belum paham tentang gambaran besar dari makanan tersebut. Nyatanya, di nusantara ini ada sejumah hidangan yang mana hampir mirip dengan hidangan tersebut. Contohnya ialah nasi uduk, nasi kuning dan lain sebagainya yang diolah menggunakan santan.

Untuk nasi kebuli ini memiliki satu kesamaan, yakni menggunakan santan. Cuma pemanfaatan santan hanya sebagai pengganti saja. Yang utama ialah menggunakan susu kambing yang menjadi ciri khas dari hidangan tersebut. Nasi ini memiliki warna kuning, dimasak dengan kaldu daging kambing serta susu kambing. Yang tidak bisa dilupakan ialah pemanfaatan minyak samin.

Setelah itu, penyajiannya ialah dengan memanfaatkan daging kambing. Untuk pelengkapnya biasanya nasi akan ditaburi dengan kurma ataupun kismis. Di sini, daging kambing ditumis kemudian dimasukkan bersamaan ke dalam nasi yang dinanak. Baru setelah itu ditaburi dengan minyak samin untuk membuat nasinya menjadi lebih harum.

Dalam proses pengolahan nasi ini, pemanfaatan rempah-rempah juga penting. Rempah-rempahnya antara lain kapulaga, lada hitam, cengkeh, pala. Rempah-rempah ini sekaligus menjadi bumbu pelengkap. Sisa bumbunya ialah ketumbar, jintan, bawang merah, bawang putih serta kayu manis.

Dan catering nasi kebuli di Jakarta sangat praktis dan membantu Anda yang tidak punya waktu untuk mengolah dan membuat sendiri nasi kebuli untuk ragam acara tertentu.

News Feed