by

Mengenal Tanaman Lengkuas Untuk Kecantikan

Lengkuas telah digunakan secara luas oleh masyarakat Indonesia sebagai sebuah bumbu dasar untuk berbagai macam dari kuliner nusantara. Seperti, bumbu tambahan buat olahan daging, sayur-mayur serta ikan. Tanaman lengkuas merupakan tanaman bumbu yang termasuk dalam genus alpina.

Umumnya dipakai sebagai bahan dapur, siapa sangka lengkuas mempunyai khasiat luar biasa. Lengkuas dipercaya bisa menjadi racikan untuk kesehatan serta obat untuk badan.

Tidak cuma itu, lengkuas juga ampuh membuat wajah cantik serta awet muda lho. Sementara itu lengkuas umumnya cuma disimpan di dapur serta dipakai ketika akan mengolah masakan.

Seperti yang Anda ketahui, mayoritas makanan Indonesia memakai bumbu lengkuas ini. Semenjak berabad-abad yang lalu, lengkuas telah digunakan sebagai obat herbal.

Lengkuas banyak digunakan buat menangani rasa sakit yang berhubungan dengan perut. Tidak cuma itu saja, tanaman lengkuas nyatanya juga berguna untuk kulit awet muda.

Manfaat Lengkuas Untuk Kulit dan Rambut

Berikut ini ada beberapa manfaat lengkuas untuk kecantikan kulit Anda yaitu :

  • Menghindari Penuaan Dini

Juice lengkuas bisa diterapkan buat berbagai macam penyembuhan penyakit kulit. Lengkuas juga diketahui memiliki kandungan sekitar 40 khasiat antioksidan yang dianggap mampu mencegah kulit mengalami penuaan dini.

  • Mempertahankan Peremajaan Kulit

Kandungan antioksidan dalam lengkuas sanggup melenyapkan racun-racun dari tubuh serta tingkatkan perputaran darah. Hal ini menimbulkan pelepasan nutrisi ekstra buat jaringan kulit. Sehingga sanggup menghindari radikal bebas yang mengganggu kulit, dan melindungi peremajaan kulit.

  • Menyembuhkan Bekas Luka Bakar

Racikan tanaman lengkuas bisa bermanfaat sebagai alternatif pengobatan kulit terbakar. Ketika racikan ini dibalurkan pada kulit yang terbakar, maka bisa meringankan rasa sakit serta bisa juga untuk menyembuhkannya seperti khasiat minyak kelapa. Anda juga bisa menyikatkan irisan fresh lengkuas pada kulit 2 hingga 3 kali tiap hari untuk mengurangi bekas luka.

  • Membersihkan Bekas Jerawat

Lengkuas bisa berperan sebagai pembersih antiseptik yang bisa menolong melindungi kulit supaya senantiasa tampak bersih, cerah serta halus. Racikan ini berperan untuk merevitalisasi serta mencerahkan kulit. Tidak hanya itu, lengkuas juga bisa menjadi obat alami buat pengobatan jerawat. Kandungannya bisa mengurangi terbentuknya jerawat dengan membersihkan kuman dari kulit.

Selanjutnya manfaat lengkuas untuk kesehatan rambut, yaitu :

  • Obat Penyakit Rambut

Keberadaan dari tanaman ini juga dipercaya ampuh menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan kulit kepala yaitu digunakan sebagai obat Ayurdevic.

  • Memaksimalkan Perkembangan Rambut

Minyak hasil olahan tanaman lengkuas bisa menolong proses perkembangan rambut. Lengkuas juga dipercaya bisa membantu perkembangan rambut karena tanaman ini dianggap mampu meningkatkan perputar.an darah di kepala.

Untuk rambut Anda yang sudah terlihat menipis maka bisa juga menggunakan kombinasi lengkuas dengan minyak jojoba, rutin Anda lakukan maka rambut tipis Anda akan tumbuh dengan lebat.

  • Perawatan Rambut Kering dan Rapuh

Kandungan senyawa penting seperti khasiat vit, zinc serta fosfor menguatkan pangkal rambut.  Membuatnya lebih bersinar, sehingga rambut tidak gampang kering serta juga rapuh.

  • Menghilangkan Ketombe

Ketombe ialah permasalahan yang umum terjadi di kulit kepala. Jika Anda ingin menghilangkan ketombe secara permanen maka Anda bisa menggunakan ekstrak lengkuas yang dianggap berperan sebagai antiseptik. Minyak yang diekstrak dari lengkuas bisa diterapkan pada kulit kepala. Atau, gabungkan dengan khasiat minyak zaitun ataupun minyak wijen.

Inilah beberapa manfaat atau khasiat tanaman lengkuas yang bisa Anda ketahui. Bagi Anda yang ingin membeli tanaman ini maka Anda bisa membelinya secara online di Blibli. Jual tanaman lengkuas di Blibli sangat rekomendasikan buat Anda yang ingin beli secara online.

News Feed