by

Mengenal Aplikasi Pemantau Kehamilan dari Diary Bunda

Aplikasi pemantau kehamilan sangat diperlukan bagi wanita sejak usia kandungan satu bulan hingga menjelang persalinan. Saat ini, aplikasi tersebut mudah digunakan setiap hari melalui Smartphone. Seperti apa fitur-fitur yang ditawarkan dan keuntungan menggunakan aplikasi kehamilan?

Aplikasi Pemantau Kehamilan

Memasuki masa kehamilan, ada banyak hal yang harus dipersiapkan bagi seorang wanita. Selain itu, memantau kondisi tubuh dan janin harus dilakukan secara teratur. Di sini, Anda tak perlu khawatir. Sebab, aplikasi pemantau kehamilan memiliki beragam fitur yang dapat diandalkan seperti berikut:

Pantau Kehamilan dan Tumbuh Kembang Anak

Memperhatikan gejala-gejala saat masuk masa kehamilan merupakan hal penting. Dengan fitur pemantau ini Anda dapat mencatat gejala fisik harian. Misalnya gejala perut sembelit, kembung, kontraksi, kram, nyeri, sakit kepala, dan kelelahan. Termasuk memantau mood seperti bahagia, sedih, atau saat sedang sensitif.

Dengan aplikasi pemantau kehamilan, setiap bulannya Anda bisa melihat perkembangan selama empat minggu terakhir. Jadi, Anda bisa melakukan identifikasi untuk persiapan lebih baik. Nila Anda belum memasuki masa kehamilan.

Catatan Harian Kehamilan

Menghitung mundur waktu menuju persalinan dan kelahiran buah hati menjadi hal menyenangkan selama masa kehamilan. Dokter biasanya akan mengatakan pada Anda prediksi kapan waktu persalinan tersebut. Namun, agar semakin nyaman Anda pun dapat menambahkan informasi perhitungan waktu persalinan pada pada aplikasi kehamilan ini. Terutama dalam melihat perkembangan tiap minggu menuju hari persalinan.

Memperkirakan Kenaikan Berat Badan Normal

Manfaat kalkulator kehamilan selanjutnya adalah memperkirakan berat badan normal ibu selama masa kehamilan. Biasanya ibu hamil akan mengalami eskalasi berat badan sejumlah 1–2 kilogram pada tiga bulan trimester pertama masa kehamilan. Selanjutnya, ibu akan mengalami eskalasi sebanyak 0,5 kilogram di setiap minggunya.

Memperhatikan berat badan normal ibu hamil memang sangat penting dilakukan guna menghindari ibu dari kelebihan berat badan. Pasalnya, melahirkan dengan berat badan berlebihan akan meningkatkan risiko terjadinya tekanan darah tinggi atau penyakit diabetes.

Cara Memilih Aplikasi untuk Ibu Hamil

Sebelum mengunduh aplikasi untuk ibu hamil, sekiranya ada tiga cara yang bisa Anda perhatikan. Hal ini akan membantu Anda mengerucutkan pilihan dalam memilih aplikasi yang cocok untuk Anda. 

Carilah Fitur Aplikasi yang Sesuai Kebutuhan Anda

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan dalam memilih aplikasi untuk ibu hamil adalah fitur apa saja yang dimilikinya. Berikut ini adalah fitur-fitur yang umumnya terdapat pada aplikasi untuk ibu hamil. 

Kontrol Kehamilan, Mencatat Perkembangan Kehamilan dari Sisi Ibu

Jika fitur sebelumnya menggambarkan perkembangan janin, fitur yang satu ini menggambarkan perkembangan kehamilan dari sisi ibu. Fitur kontrol kehamilan ini memantau berat badan si ibu pada tiap minggu kehamilan. Fitur ini membantu agar berat badan ibu berada dalam range yang ideal, tidak terlalu kecil atau berlebih

Fitur ini biasanya dibarengi tips yang harus dilakukan bila berat badan ibu melebihi range yang seharusnya. Di sisi lain, beberapa aplikasi juga membantu merekam foto kehamilan ibu dari minggu ke minggu. 

Nah untuk kamu yang ingin tahu lebih jelasnya kamu bisa, Download Aplikasi Kehamilan.