by

Macam-macam Sendi pada Tubuh Manusia dan Fungsinya

-Sendi-18 views

Mengenal sendi pada tubuh manusia Sendi adalah tempat bertemunya dua atau lebih tulang, sehingga berperan penting untuk tubuh. Fungsi sendi adalah menghubungkan tulang, memberi struktur, serta membantu otot menggerakkan tulang.

Setidaknya, ada tiga macam sendi, yaitu sendi sinartrosis, amfiartrosis, dan diartrosis. Masing-masing sendi tersebut memiliki fungsi tersendiri sehingga Anda dapat menjalankan aktivitas sehari-sehari. Inilah megnenal sendi pada tubuh manusia

Macam-macam Aendi di Tubuh Manusia

Jumlah sendi antara satu orang dan orang lainnya, bisa berbeda, tergantung pada sejumlah faktor. Namun diperkirakan, manusia memiliki sebanyak 250-350 sendi.

Sendi berperan penting dalam sistem pergerakan tubuh. Beberapa definisi menyebutkan bahwa sendi merupakan titik di mana dua tulang saling berhubungan.

Ada pula yang menyebutkan bahwa sendi adalah hubungan yang kuat antara anatomi tulang, tulang rawan dan gigi satu sama lain.

Mengutip dari Better Health, berikut ini tiga macam atau jenis sendi pada tubuh manusia dengan masing-masing fungsinya.

1. Sinartrosis atau sendi mati

Persendian antara tulang-tulang yang membentuk tengkorak disebut sendi mati atau sinartrosis.

Ini adalah jenis sendi tetap atau berserat yang menghubungkan dua tulang atau lebih serta mempunyai sifat tidak menimbulkan pergerakan.

Contoh dari sendi mati adalah sendi antar tulang tengkorak disebut sutura, serta gomfosis (penghubung gigi dan tengkorak).

2. Amfiartrosis atau sendi kaku

Juga dikenal sebagai sendi kartilaginosa, salah satu macam-macam sendi ini memungkinkan pergerakan, walaupun sifatnya terbatas.

Sendi kaku salah satunya terdapat pada ruas tulang belakang, serta simfisis pubis pada pinggul.

3. Diartrosis atau sendi gerak

Sesuai namanya, sendi ini dapat bergerak dengan bebas dan leluasa. Sendi gerak disebut pula sebagai sendi sinovial karena memiliki cairan sinovial.

Cairan sinovial ini berfungsi untuk menggerakkan semua bagian sendi sehinga dapat bergerak satu sama lain. Maka dari itu, ini adalah sendi yang paling umum pada tubuh Anda.

Sebagai contoh, yang termasuk ke dalam jenis sendi gerak adalah lutut dan bahu.

Macam-macam sendi gerak pada manusia

Manusia memiliki banyak sendi gerak. Oleh karena itu, diperlukan klasifikasi beserta fungsi dan letaknya. Berikut ini adalah mecam-macam pengelompokan dan letak dari sendi gerak.

1. Sendi putar atau pivot

Sesuai namanya, karakteristik sendi ini adalah memungkinkan satu tulang dapat melakukan putaran, terhadap tulang lainnya. Contoh dari sendi putar yaitu sendi yang terdapat di antara tulang hasta dan tulang pengumpil pada area lengan bawah.

2. Sendi geser atau plane

Sendi geser atau meluncur ini memungkinkan pergerakan tulang yang sama-sama datar. Untuk itu, gerakannya cukup terbatas yang ditandai dengan tergelincirnya permukaan halus.

Sebagai contoh dari keberadaan dari sendi geser yaitu sendi interkarpal, yang menghubungkan tulang di pergelangan tangan.

3. Sendi pelana atau saddle

Sendi pelana adalah sendi yang memungkinkan untuk bergeral secara bolak-balik serta dari sisi ke sisi. Akan tetapi, tidak memungkinkan terjadinya rotasi atau perputaran.

Contoh anggota tubuh yang mempunyai sendi pelana adalah sendi penghubung tulang pergelangan tangan dengan pangkal dari tulang ibu jari.