by

Efektifkan Cara Memutihkan Gigi Menggunakan Jeruk Nipis?

Jika dirinci, banyak sekali manfaat jeruk nipis untuk manusia. Jeruk nipis bisa digunakan untuk mengatasi sembelit, menguatkan kekebalan tubuh, obat amandel, dan lain sebagainya. Selain itu, jeruk nipis juga bisa difungsikan untuk memutihkan gigi. Tentu cara memutihkan gigi dengan jeruk nipis memerlukan bahan lain agar hasilnya bisa sesuai harapan.

Sepintas Mengenai Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki rasa yang khas, yakni masam dan agak pahit. Biasanya digunakan untuk memperkuat rasa makanan serta minuman. Nama latin dari jeruk nipis adalah citrus aurantifolia. Berhubung jenis jeruk cukup banyak, perlu mengingat-ingat nama latin tersebut agar tidak keliru saat memilih jenis jeruk di pasar.

Ukuran buah jeruk nipis rata-rata antara 3 sampai dengan 6 sentimeter. Persebaran paling banyak ada di kawasan Asia Tenggara. Namun saat ini sudah dikembang-biakkan ke ranah Eropa, Amerika, sampai Afrika. Soalnya sifatnya yang mudah beradaptasi dengan iklim tropis, jadi bisa ditanam di luar Asia Tenggara.

Kandungan Alami yang Dimiliki Jeruk Nipis

Meskipun kadar per buah beda-beda, namun secara universal, per butir jeruk nipis mengandung setidaknya mengandung 30 miligram vitamin C. Jika diaplikasikan ke tubuh, sudah mencukupi 30% kebutuhan akan vitamin C per harinya. Fungsinya untuk menangkal penyakit ringan hingga berat seperti kanker.

Selain vitamin C, jeruk nipis juga mengandung vitamin A, B, serta asam folat. Itulah kenapa para dokter menganjurkan ibu hamil untuk banyak-banyak mengonsumsi jeruk nipis. Tujuannya agar bayi yang terlahir nanti terhindar dari kecacatan fisik. Dari sekian banyak kandungan jeruk nipis itulah yang membuat kesehatan gigi tetap terjaga ketika Anda rutin mengonsumsinya.

Gunakan Kombinasi antara Jeruk Nipis dengan Kulit Pisang

Serius pakai kulit pisang untuk memutihkan gigi? Betul. Tidak lebih, tidak kurang. Kulit pisang mengandung mangan serta potasium yang sangat efektif untuk memutihkan gigi. Caranya, ambil kulit pisang yang baru saja Anda kupas. Jangan lupa makan dagingnya, ya. Teteskan air perasan jeruk nipis ke permukaan kulit pisang.

Kemudian gosok-gosokkan ke gigi Anda secara menyeluruh dan perlahan kurang dari 2 menit. Setelah itu, sambung dengan kumur-kumur dengan air hangat. Biar lebih ampuh, terapkan cara memutihkan gigi ini sekali dalam seminggu. Jangan setiap hari. Sebab, sifatnya asam dari jeruk nipis yang bisa bikin gigi jadi terkikis kalau terlalu sering pakai.

Kombinasikan dengan Bahan Kunyit

Selain untuk menambah nafsu makan, kunyit yang bersifat sebagai antimikroba bisa membuat gigi Anda tetap terjaga. Ketika dikombinasikan dengan jeruk nipis, efeknya jadi ganda, yakni putih dan aman dari bakteri penyakit. Selain itu, kandungan alami dari kunyit juga bisa mengatasi radang mulut serta gusi yang bermasalah.

Cara bikinnya, siapkan ruas kunyit seperlunya saja. Kemudian Anda kupas dan cuci bersih. Kalau bisa, cuci pakai air hangat atau yang sebelumnya sudah Anda masak lebih dulu. Panggang kunyit di atas bara selama beberapa menit. Jangan sampai gosong. Cukup tunggu hingga berubah warna dan agak mengeras atau getas.

Lalu hancurkan kunyit tersebut sampai berubah bentuk jadi bubuk halus. Campurkan perasan jeruk nipis plus garam ke bubuk halus tadi. Aduk-aduk sampai lumat dan membentuk pasta. Oleskan ke gigi yang hendak Anda putihkan. Kemudian diamkan beberapa saat. Setelah itu, kumur-kumur dengan air bersih untuk melepaskan baluran pasta dari gigi.

Cara memutihkan gigi di atas sangat dianjurkan untuk Anda yang sudah berusia dewasa. Sedangkan penerapan untuk anak kecil atau balita, lebih baik lakukan jarang-jarang saja. Sejauh ini belum ada yang mengalami dampak destruktif dari upaya pemutihan gigi menggunakan jeruk nipis. Jadi sangat aman digunakan asalkan tidak berlebihan.

News Feed