by

Cara Membuat Terong Crispy Dengan Tepung Kobe

Semakin banyak resep unik dan enak belakangan ini muncul di TikTok,di antaranya terong crispy mekar. Menu satu ini sebenarnya tak jauh beda pada umumnya,hanya nedanya terong crispy dibentuk seperti bunga sebelum di lumuri bumbu lalu di goreng.

Resep terong crispy satu ini bukan hanya cocok sebagai lauk untuk mendampingi santap nasi hangat saja. Namun anda juga dapat menikmatinya sebagai camilan lezat dengan tambahan bumbu bubuk sesuai selera supaya lebih nikmat. Cara membuat terong crispy pada dasarnya cukup mudah, bahan yang dibutuhkan juga mudah diperoleh. Daripada penasaran, berikut ini ulasan tentang cara membuat terong crispy dengan tepung kobe untuk anda coba.

Bahan yang Diperlukan

  • 1 terong ukuran besar
  • 5 sdm tepung maizena
  • 10 sdm tepung kobe
  • 3 sdt kaldu bubuk (penyedap rasa)
  • Minyak secukupnya untuk menggoreng
  • Air secukupnya

Cara Membuat

  1. Pertama, cuci terong sampai bersih. Anda boleh mengupasnya maupun tidak. Berikutnya potong menjadi ukuran sedang.
  2. Selanjutnya iris terong mirip seperti bunga, akan tetapi tidak sampai terputus. Lakukan langkah ini hingga terong habis.
  3. Setelah itu, siapkan tepung kering. Caranya dengan mencampurkan maizena, tepung kobe serta kaldu bubuk dalam wadah. Lalu aduk sampai rata.
  4. Langkah berikutnya, ambillah 1/3 tepung kering lalu taruh dalam wadah terpisah untuk digunakan sebagai adonan tepung basah. Anda dapat mencampurnya menggunakan air secukupnya lalu diaduk sampai rata.
  5. Selanjutnya masukkan terong satu per satu dalam tepung basah lalu masukkan ke tepung kering. Lumuri terong hingga seluruh sisi tertutup. Terapkan langkah ini hingga terong habis.
  6. Kemudian panaskan minyak di wajan lalu goreng terong menggunakan api sedang. Anda dapat memasaknya sampai terong berubah warna menjadi kecoklatan. Lalu angkat dan tiriskan.
  7. Sajian terong crispy siap untuk dihidangkan selagi hangat.

Manfaat Terong Bagi Kesehatan

Terong mengandung banyak nutrisi penting, seperti protein, kalori, serat, karbohidrat, serta lemak. Disamping itu, terong juga mengandung mineral dan vitamin, seperti vitamin A, C, K, kalsium, kalium, asam folat, magnesium dan zat besi. Berbagai kandungan terong tersebut sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh, diantaranya :

1. Menekan Resiko Sakit Jantung

Kulit terong ungu diduga memiliki zat antioksidan yakni nasunin yang berguna untuk menekan resiko sakit jantung.

2. Mencegah Diabetes

Kandungan polifenol dan serat pada terong bisa menurunkan kadar gula dalam darah. Terong juga bisa menurunkan penyerapan gula seta meningkatkan hormon insulin darah untuk mencegah resiko diabetes.

3. Menurunkan Berat Badan

Terong adalah makanan rendah kalori serta kaya serat yang bagus untuk menjaga sekaligus menurunkan berat badan.

4. Memelihara Tulang

Kandungan mangan pada terong bermanfaat untuk menyehatkan tulang agar terhindar dari resiko osteoporosis.

5. Melancarkan Sistem Cerna

Kandungan serat pada terong juga dapat membuat sistem pencernaan menjadi lancar. Disamping itu, kandungan tersebut juga meningkatkan proses metabolisme tubuh serta penyerapan makanan pada usus.

6. Menjaga Tubuh dari Infeksi

Riset membuktikan bahwa terong mengandung antioksidan yang bagus untuk melindungi tubuh dari resiko infeksi bakteri. Diantaranya seperti Staphylococcus aureus, Escherichia coli,  dan Pseudomonas aeruginosa.

7. Mencegah Kanker

Terong mengandung antioksidan yakni asam klorogenat yang mampu melawan kanker. Selain itu, asam klorogenat pada terong juga memiliki efek antivirus dan antibakteri.

Itulah ulasan mengenai cara membuat terong crispy menggunakan tepung kobe yang mudah dan tergolong murah. Disamping itu, terong juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan jika dikonsumsi sesuai kadar yang tepat.

News Feed