by

Begini Cara Alami Menghilangkan Bau Ketiak

Cara Alami Menghilangkan Bau Ketiak – Bau ketiak adalah hal yang wajar terjadi, terutama pada masa remaja ke atas. Namun, ini tidak berarti bahwa kondisi ini dapat terus dibiarkan. Bau yang tidak sedap di ketiak harus dihilangkan agar tidak membuatnya malu. Karena itu, ada kebutuhan untuk menghilangkan bau ketiak yang kuat. Namun sebelum itu, mari kita perhatikan apa yang menyebabkan munculnya bau ketiak.

Jika selama ini Anda mengira keringat adalah tersangka utama Bau Ketiak, maka Anda salah. Keringat sebenarnya tidak memiliki aroma, dan berkeringat adalah respons tubuh yang penting karena itu adalah cara tubuh mengatur ulang suhunya.

Bakteri pada kulit yang menyebabkan bau ketiak. Bakteri menyebabkan bau ketiak dengan menggunakan keringat untuk melipatgandakan dan mencerna keratin, sejenis protein di permukaan kulit, menghasilkan bau yang tidak sedap di ketiak.

Sekarang, bagaimana Anda menghilangkan bau ketiak? Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk menghilangkan bau ketiak secara permanen, yaitu, mengubah gaya hidup sehat, menghindari makanan dan minuman yang memicu bau badan dan menggunakan bahan-bahan alami untuk menghilangkan bau ketiak.

Mengubah Gaya Hidup untuk Menghilangkan Bau Ketiak

Salah satu cara penting untuk menghilangkan bau ketiak adalah mengubah gaya hidup Anda menjadi lebih sehat. Gaya hidup di sini melibatkan banyak aspek mulai dari kebiasaan mandi, berganti pakaian, hingga menu makan sehari-hari. Mari kita lihat setiap aspek secara terperinci.

Mandi Setiap Hari

Mandi yang jarang adalah salah satu penyebab utama bau ketiak, jika Anda jarang mandi sebaiknya segera bertobat dan memulai rutinitas mandi harian. Cobalah untuk mandi setidaknya sekali sehari, tidak peduli seberapa sibuk jadwal harian Anda atau seberapa lelah Anda.

Mandi adalah cara paling efektif untuk menyegarkan sekaligus membersihkan tubuh setelah beraktivitas sepanjang hari. Anda juga harus segera mandi setelah aktif beraktivitas seharian atau berolahraga. Tidak mandi setelah berolahraga dapat menimbun bau badan.

Saat mandi, gunakan sabun antibakteri, dan pastikan untuk mengeringkan seluruh tubuh. Jangan sampai ada bagian tubuh yang basah, karena kelembaban bisa mengundang bakteri untuk tetap berada di permukaan kulit.

Bagaimana Cara Menghilangkan Bau Ketiak?

Oleskan Deodoran atau Antiperspirant di ketiak

Meskipun deodoran tidak dapat menghentikan keringat, produk ini dapat menyamarkan bau yang disebabkan oleh bakteri pada kulit. Seperti halnya antiperspiran yang mengandung aluminium klorida, bahan kimia itu bisa mengurangi produksi keringat sambil mengandung deodoran.

Gunakan antiperspiran dua kali sehari di pagi dan sore hari. Jika Anda hanya ingin menggunakannya sekali, maka lakukanlah sebelum tidur. Jangan di pagi hari setelah mandi karena keringat bisa menghilangkannya.

Jika Anda membutuhkan produk yang lebih kuat dari deodoran atau antiperspirant, maka pilihlah produk dengan level lebih tinggi. Tetapi jika metode menghilangkan bau ketiak ini tidak berhasil juga, maka Anda mungkin harus pergi ke dokter dan meminta resep antiperspirant yang lebih kuat.

Ganti dan cuci pakaian sesering mungkin

Jangan memakai baju yang sama selama 3 hari berturut-turut. Ini adalah salah satu alasan mengapa ketiak berbau. Pastikan untuk selalu mengganti dan mencuci pakaian setelah memakainya, dan hindari mengenakan pakaian yang sama 2 hari atau lebih berturut-turut, tidak peduli seberapa nyaman itu.

Jangan lupa untuk segera membersihkan pakaian olahraga Anda setelah digunakan, karena pakaian yang kotor dan lembab adalah sarang yang nyaman bagi bakteri untuk berkembang.

Jauhi stres

Seringkali penyebab keringat berlebih berasal dari stres. Karena itu, kurangi stres dengan cara yang paling efektif dalam pengalaman Anda, apakah itu yoga, meditasi, atau lainnya. Stres juga dapat dicegah dengan menghindari penyebab Bau Ketiak. Misalnya, jika kebiasaan terburu-buru di pagi hari selalu membuat Anda tertekan, maka cobalah bangun pagi.

News Feed