by

9 Hal Penting saat Membuat Desain Brosur untuk Promosi Produk

Brosur adalah template untuk kebutuhan promosi yang multifungsi. Bisa untuk promosi suatu event, tempat wisata baru, pembukaan angkatan mahasiswa baru, dan sebagainya. Saat ini, kebutuhan desain brosur sudah merambah ke area media elektronik. Tak hanya berbentuk kertas seperti desain konvensional. Berikut 9 cara efektif untuk memaksimalkan desain Anda.

  1. Memahami Garis Besar Desain yang akan Dibuat

Desain yang efektif tidak hanya cantik dan estetis, tapi juga efektif. Maksudnya, sesuai dengan keinginan klien. Untuk memahami desain secara garis besar, lakukan wawancara lebih dahulu. Ulik semua data atau informasi yang Anda butuhkan. Biar saat membuat desain tak lagi banyak tanya dan tinggal action sesuai dengan kerangka yang Anda susun.

  1. Bubuhkan Nilai Plus Produk yang Hendak Dipromosikan

Nilai plus suatu produk adalah apa yang paling diinginkan oleh calon konsumen. Jadi, prinsip consumer-centre harus benar-benar diaplikasikan. Bubuhkan dalam brosur selengkap-lengkapnya. Sebab, semakin menguntungkan bagi para konsumen atau calon pelanggan, maka semakin besar kemungkinan mereka untuk mencoba produk tersebut.

  1. Sedikit Kalimat, Tapi Banyak Makna

Efektivitas benar-benar menjadi kunci sukses suatu brosur ketika sudah berada di tangan calon konsumen atau audien. Terutama ketika Anda membuat desain untuk keperluan pemasaran online seperti di media sosial. Di tengah lautan informasi, kesempatan untuk menarik perhatian mereka hanya berlangsung beberapa detik saja.

  1. Headline yang Tidak Bisa Ditolak

Kepentingan akan headline atau judul suatu brosur selalu menjadi perhatian utama para desainer. Sebab, headline yang berkualitas bisa dibilang sudah menyelesaikan 50% masalah utama desain Anda. Serius. Salah satu syarat untuk membuat headline semacam ini adalah memahami keinginan atau kebutuhan terbesar dari calon konsumen.

  1. Jangan Lupakan Call to Action

Selain mencantumkan nilai plus pada desain brosur, Anda juga perlu mencantumkan call to action. Apa itu call to action? Singkatnya, suatu kalimat yang mampu membuat calon konsumen memberikan data mereka pada Anda. Bisa berupa nomor telepon, nomor e-mail, alamat rumah, dan sebagainya untuk kemudian Anda olah sebagai bahan promosi lanjutan.

  1. Ada Diskon? Cantumkan!

Pada proses akuisisi customer atau audien, biasanya suatu brand memberikan diskon khusus untuk pembelian pertama kali. Kadang bentuknya bukan diskon, tapi kupon. Intinya, penawaran spesial apa yang ingin Anda berikan ke calon konsumen, itulah yang dicantumkan. Minimal mereka menggunakan produk Anda sekali saja.

  1. Perlukah Mencantumkan Testimoni dalam Brosur?

Perlu, asalkan berasal dari testimoni asli. Dengan kata lain, mereka yang memberikan testimoni memang sudah pernah menggunakan produk milik Anda. Calon konsumen zaman sekarang bisa mendeteksi bau-bau manipulasi hanya dengan melihat senatural apa kalimat testimoni tersebut. Bukankah Anda ingin memiliki bisnis yang lancar dalam jangka panjang?

  1. Cek Kembali Desainnya Minimal 3 Kali

Sebelum brosur disebar secara luas, cek kembali minimal 3 kali. Apakah ada salah tulis atau tidak. Kenapa harus 3 kali? Sebab, seorang desainer yang kreatif selalu menemukan kekurangan tiap kali memeriksa kembali pekerjaannya. Setelah mengecek 3 kali, biasanya sudah pas. Baik dari segi desain maupun menurut tujuan awal.

  1. Pilih Channel Distribusi yang Tepat

Channel distribusi yang dimaksud berkenaan dengan aktivitas marketing Anda sehari-harinya. Cantumkan pula dalam brosur agar calon klien atau konsumen mengikuti dan mengenal aktivitas harian Anda. Pendekatan ini sangat penting dan tentu saja gratis. Misal lewat Facebook, Youtube, Instagram, dan Twitter.

Desain brosur yang berkualitas mampu menawarkan solusi atas keinginan terbesar calon konsumen atau klien. Untuk mendapatkan hasil seperti itu memang perlu riset dalam waktu yang cukup lama. Akan tetapi, hasil yang didapatkan sangat sepadan. Hasil riset tersebut bisa Anda gunakan berkali-kali sampai proses marketing dan sales berhasil sesuai keinginan.

News Feed