by

5 Kriteria Velg Orisinal yang Cocok untuk Mobil Mewah

Bagi pecinta mobil mewah atau kelas premium, kebutuhan akan velg orisinal adalah suatu keharusan. Tidak boleh tidak. Masalahnya, bagaimana cara menemukan velg dengan kriteria tersebut? Soalnya yang beredar di pasaran justru versi replika. Sederhananya, jika Anda belum pernah beli velg untuk mobil sekelas Toyota New Vellfire, simak 5 kriteria berikut.

  1. Warna Cat Velg yang Lembut

Mobil kelas atas memiliki ciri fisik yang hampir sama. Dari sudut mana pun, terlihat begitu elegan. Maka dari itu, untuk mengimbangi tingkat estetika tersebut, bagian velg juga harus sepadan. Velg yang bagus memiliki kesan berkilau atau glossy. Bahkan ketika dipandang dari kejauhan sekalipun. Pada bagian croem-nya timbul semacam pelangi ketika terkena cahaya.

Jangan sampai terbujuk rayu untuk beli velg dengan warna-warna mencolok. Biasanya velg seperti itu hanya replika atau tiruan. Variasi warnanya pun kurang begitu bagus jika ditelisik dari segi estetikanya. Pada velg yang orisinal, rata-rata menggunakan warna putih, sebya, biru, perunggu, perak, dan keemasan. Tinggal pilih mana yang paling cocok untuk Anda.

  1. Velg-nya Mudah Dibongkar dan Pasang

Pada velg tiruan, biasanya menggunakan jumlah baut sampai 8 buah. Alhasil, ketika hendak dilepas jadi kesulitan. Kadang malah lubangnya tidak begitu presisi. Akhirnya beli ban mobil baru beserta velg-nya karena tidak bisa digunakan ulang. Berbeda dengan velg asli yang hanya memiliki beberapa baut saja.

Baut pada velg orisinal mampu menembus bagian dalam. Soalnya fungsi velg sesungguhnya untuk melebarkan bagian lips. Dengan adanya kriteria pemasangan baut seperti itu, proses bongkar-pasang pun berjalan lancar. Bahkan Anda bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan mekanik atau teknisi mobil. Sedangkan baut pada velg palsu hanya sebagai hiasan saja.

  1. Detail Velg Sangat Terasa

Bagaimana pun bentuknya, velg yang asli selalu lebih unggul dari segi apa pun ketimbang velg replika. Oleh karena itu, apabila Anda memiliki mobil mewah di garasi, pastikan menggunakan velg orisinal. Nanti akan terlihat sisi estetikanya yang mampu melebur ke dalam sisi keindahan mobil Anda. Apalagi ketika digunakan untuk jalan-jalan dan nongkrong.

Sepintas, antara velg palsu dengan yang asli memang tampak mirip. Bahkan hampir mendekati 90% sama. Ironis memang. Sebab, para pengendara lebih banyak yang tertipu oleh penampilan ketimbang kualitas dasarnya. Detail yang sangat terasa terdapat pada bagian lapisan coating, PCD, dan lain sebagainya.

  1. Bobot yang Ringan

Tujuan pembuatan velg orisinal memang murni untuk membantu tiap pengendara saat melajukan mobilnya. Dengan adanya velg yang ringan, maka beban mobil pun berkurang. Saat diajak untuk berakselerasi di jalan dengan muatan banyak, tetap bisa melaju dengan anggunnya. Berbeda dengan velg yang palsu karena cenderung berat.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Soalnya pabrikan velg palsu rata-rata hanya meniru model dari velg populer atau terkenal. Sedangkan velg asli tahu betul campuran material terbaik apa yang harus digunakan. Bahkan perbedaan bobot dari kedua tipe velg tersebut mencapai selisih lebih dari 20%. Luar biasa.

  1. Harga Membawa Rupa

Masa sih mobil kelas premium milik Anda menggunakan velg palsu yang hanya dijual murah? Selain jadi terlihat murahan, dari segi estetikanya juga tidak sinkron dengan elemen serta komponen lain. Memangnya berapa harga velg yang asli? Variatif, ya. Ada yang seharga 4,1 juta Rupiah. Ada pula yang lebih mahal dari itu. Intinya, harga hampir selalu membawa rupa.

Untungnya, perawatan velg orisinal pada mobil mewah Anda sangat mudah dan bisa dikerjakan dengan cepat. Misalkan terdapat kotoran atau tumpukan debu di sana. Tinggal bersihkan menggunakan cairan pembersih. Lalu kilaukan menggunakan tool-kit khusus. Bisa juga menggunakan minyak zaitun bila kotorannya belum begitu merusak lapisan velg.

News Feed